Babinsa Sudimara Lakukan Komsos Dengan Pembuat Gula Kristal

Babinsa Sudimara Lakukan Komsos Dengan Pembuat Gula Kristal

Banyumas - Komunikasi sosial atau di kenal dengan istilah Komsos adalah salah satu metode pembinaan teritorial (Binter) yang diselenggarakan dalam rangka memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang pemberdayaan wilayah.


Guna mendengarkan kelebihan dan kekurangan pengrajin pengolahan gula kristal, Sertu Ariyanto Babinsa Desa Sudimara Koramil 23/Cilongok menggelar Komsos dengan pembuat gula kristal dirumah bapak Ditam A M Ketua kelompok UMKM Desa Sudimara Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Jum’at 19/04/2024.

Pada kesempatan itu Ketua UMKM gula Kristal Desa Sudimara menyampaikan bahwa untuk kebutuhan gula kristal di bulan ramadhan dan idul fitri ini naik, namun perolehan bahan turun karena banyak yang diambil kelapa mudanya.

Disamping itu ada masalah lain diantaranya pohon kelapa yang tinggi-tinggi jadi perlu peremajaan tanaman kelapa dengan bibit kelapa genjah untuk mengurangi risiko kecelakaan saat mengambil nira. Bagus lagi pakai jenis kelapa genjah yang batangnya pendek, usia panen cepat, dan produktivitasnya tinggi.

Kapten Inf Kuswadi Danramil 23/Cilongok menyampaikan bahwa Komunikasi Sosial oleh Babinsa merupakan tugas rutin yang dilaksanakan untuk menanamkan wawasan kebangsaan, serta untuk mengetahui perkembangan wilayah di Desa binaannya. 

Babinsa harus selalu turun kelapangan guna mengetahui keluhan dari masyarakat serta mencarikan solusinya agar tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat. Keluhan dari warga segera di komunikasikan dengan instansi terkait sesuai dengan fungsi dan perannya. Pungkasnya. (AuL).

Share this:

Disqus Comments