Koramil Kembaran Berikan Materi Bela Negara dan Latih PBB Pramuka SMK Ma’arif

Koramil Kembaran Berikan Materi Bela Negara dan Latih PBB Pramuka SMK Ma’arif

Banyumas - Bela negara adalah tekad, sikap, semangat, dan tindakan seluruh warga negara secara teratur, terpadu, berkelanjutan dan menyeluruh, dengan dilandasi kecintaan kepada tanah air.  Bela negara juga merupakan kesadaran berbangsa dan bernegara, dengan keyakinan akan Pancasila sebagai ideologi satu-satunya bangsa Indonesia.

 


Guna menanamkan jiwa nasionalisme sejak dini, Koramil 06/Kembaran memberikan materi Bela Negara dan Pelatihan PBB kepada pramuka SMK Ma’arif NU 01 dalam rangka LKBB (Latihan Ketangkasan Baris Berbaris), ketahanan fisik dimasa pandemi dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bertempat di Lapangan sekolah SMK Ma'arif NU 01 Kembaran Jl. Ponpes Mamba'ul Ushulil Hikmah Bakung Linggasari Kecamatan Kembaran kabupaten Banyumas, Sabtu (13/11/2021).

 

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol melalui WS. Danramil 06/Kembaran Kapten Arm Sumarsonno menyampaikan bahwa pelatihan PBB dan pembekalan materi bela negara kepada siswa/siswi SMK Ma’arif NU 01 Kembaran ini bertujuan untuk memupuk sikap disiplin sejak dini kepada generasi penerus bangsa.

 

Beberapa materi Bela Negara yang diberikan diantaranya tentang pengertian, dasar hukum, fungsi, tujuan, dan manfaat bela negara. Dilanjutkan dengan contoh-contoh pengamalan Bela Negara, mulai tingkat individu, keluarga, sekolah, bermasyarakat dan bernegara. Tambahnya.

 

Pembekalan materi Bela Negara dan latihan PBB memang sangat penting bagi siswa siswi sekolah setingkat SMK karena dengan kegiatan ini diharapkan dapat membentuk mental disiplin generasi muda yang Cinta Tanah Air, Bangsa dan Negara, Jelasnya.

 


Momen baik ini juga kami manfaatkan untuk mensosialisasikan kepada pramuka SMK Ma’arif NU 01 Kembaran agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap melaksanakan aktifitas sehingga pandemi Covid-19 cepat berlalu untuk menuju Indonesia yang sehat. Pungkasnya.

 

Selaku Pembina pramuka SMK Ma’arif NU 01 Kembaran, M. Taufiq Ansyhary, S.Pt, menyampaikan bahwa terkait pelatihan yang diberikan oleh anggota TNI dari Koramil 06/Kembaran, kami pihak sekolahan mengucapkan terima kasih atas semua pembekalan yang diberikan ke anak didiknya dan berharap dapat meningkatkan kedisiplinan dan menumbuhkan jiwa nasionalisme siswa/siswi SMK Ma’arif NU 01 Kembaran. (AuL).


Share this:

Disqus Comments