Maksimalkan Peran Linmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Berikan Pembinaan dan Pelatihan 

Maksimalkan Peran Linmas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Berikan Pembinaan dan Pelatihan 


Cilacap - Memaksimalkan Peran dan Tugas Linmas, Babinsa Cilopadang Koramil 13/Majenang Sertu Darsono bersama Bhabinkamtibmas Bripka Dwianto Saputra, berikan penyuluhan Kamtibmas dan Pelatihan Baris Berbaris (PBB) kepada anggota Linmas Desa Cilopadang. Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Cilopadang, Kecamatan Majenang, Senin (27/12/21).

Babinsa Sertu Darsono mengatakan, ditengah situasi seperti sekarang ini, semakin komplek serta beragamnya persoalan yang ada di tengah masyarakat, khususnya masalah gangguan keamanan dan ketertiban. Hal ini menjadikan peran dan fungsi satuan Linmas menjadi begitu penting. 

"Linmas memiliki peranan yang strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Oleh karena itu untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai anggota Linmas, diperlukan pembinaan ataupun pelatihan setiap anggota Linmas agar Linmas punya bekal diri dan strategi yang mumpuni dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan," Kata Sertu Darsono.

Dan guna mengoptimalkan peran serta Linmas dalam keamanan lingkungan, kita bersama pihak Kepolisian berikan penyuluhan Kamtibmas dan Pelatihan Baris Berbaris (PBB) kepada anggota Linmas khususnya di Desa Cilopadang ini," terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, Sertu Darsono mengajarkan metode praktek langsung berupa gerakan ditempat dan berjalan yang diikuti oleh 14 orang anggota Linmas dengan gerakan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang dilatihkan terdiri dari lencang kanan, hadap kanan/kiri, balik kanan, penghormatan dan sikap istirahat dan gerakan berjalan.

Sementara itu para Linmas yang mendapat pelatihan terlihat antusias dalam melaksanakan latihan ini dengan penuh rasa semangat dan senang hati. Semangat anggota Linmas itu membuat Babinsa merasa bangga, terutama Kepala Desa Cilopadang Warso Al Suwondo yang juga hadir dalam kegiatan tersebut. 

"Walau rata-rata sudah berumur tidak muda lagi tetapi mereka (Linmas) tetap semangat dalam melaksanakan pelatihan PBB. Tentu hal ini membuat kami bangga. Semoga melalui kegiatan ini, Linmas Desa Cilopadang semakin giat dalam perannya di masyarakat dalam menjaga keamanan desa," Ucap Kades Warso Al Suwondo.

(Urip/13)

 

Share this:

Disqus Comments