Tanamkan Kedisiplinan Sejak Dini, Koramil Pekuncen Berikan Materi Bela Negara dan Latih PBB SMP Ma’arif

Tanamkan Kedisiplinan Sejak Dini, Koramil Pekuncen Berikan Materi Bela Negara dan Latih PBB SMP Ma’arif

Banyumas - Bela negara merupakan kesadaran berbangsa dan bernegara, dengan keyakinan akan Pancasila sebagai ideologi satu-satunya Bangsa Indonesia. Menjadi warga negara yang baik adalah warga negara yang patuh pada hukum atau perundang-undangan yang berlaku.


 

Menyikapi hal tersebut Koramil 15/Pekuncen memberikan Materi Bela Negara dan Pelatihan PBB kepada Siswa Siswi SMP Ma’arif NU 01 dalam rangka LKBB (Latihan Ketangkasan Baris Berbaris), ketahanan fisik dimasa pandemi dan kesiapan belajar tatap muka serta Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bertempat di komplek SMP Ma’arif  kecamatan Pekuncen kabupaten Banyumas, Selasa (09/11/2021).

 

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol melalui Danramil 15/Pekuncen Kapten Inf Subandi menyampaikan bahwa pelatihan PBB dan ketahanan fisik serta pembekalan bela negara kepada siswa/siswi SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen ini bertujuan untuk memupuk sikap disiplin sejak dini kepada generasi penerus bangsa.

 

Beberapa materi Bela Negara yang diberikan diantaranya tentang pengertian, dasar hukum, fungsi, tujuan, dan manfaat bela negara. Dilanjutkan dengan contoh-contoh pengamalan Bela Negara, mulai tingkat individu, keluarga, sekolah, bermasyarakat dan bernegara. Tambahnya.

 

Pembekalan materi Bela Negara dan latihan PBB memang sangat penting bagi siswa siswi sekolah setingkat SMP karena dengan kegiatan ini diharapkan dapat membentuk mental disiplin generasi muda yang Cinta Tanah Air, Bangsa dan Negara, Jelasnya.

 


Momen baik ini juga kami manfaatkan untuk mensosialisasikan kepada siswa/siswi SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap melaksanakan aktifitas sehingga pandemi Covid-19 cepat berlalu untuk menuju Indonesia yang sehat.

 

Selaku kepala sekolah SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen, ibu Minarni, S.Pd, menyampaikan bahwa terkait pelatihan yang diberikan oleh anggota TNI dari Koramil 15/Pekuncen, kami pihak sekolahan mengucapkan terima kasih atas semua pembekalan yang diberikan ke anak didiknya dan berharap dapat meningkatkan kedisiplinan anak didik di SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen. (AuL).

Share this:

Disqus Comments