Jelang Natal dan Tahun Baru 2022, Forkopimda Kabupaten Cilacap Gelar Rakor Lintas Sektoral

Jelang Natal dan Tahun Baru 2022, Forkopimda Kabupaten Cilacap Gelar Rakor Lintas Sektoral


Cilacap - Jelang perayaan Natal tahun 2021 dan pergantian tahun baru 2022, Forkopimda Kabupaten Cilacap menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan dan Rencana Keamanan menghadapi Natal Tahun 2021 dan Tahun baru 2022 di Wilayah Kabupaten Cilacap, bertempat di Ruang Prasanda Kantor Bupati Cilacap, Jl. Sudirman No. 32 Cilacap, Selasa (23)11/21).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji, Danlanal Kolonel laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos., Dandim 0703/Cilacap Letkol lnf. Andi Afandi, S.l.P, Kapolres AKBP. Eko Widiantoro, S.I.K., M.H, dan dihadiri Kajari Tri Ari Mulyanto, SH., MH, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Hendri Tobing, S.H., M.H, Wakil Bupati Samsul Aulia Rahman S.STP., M.Si, Ketua Pengadilan Agama Cilacap M.Ihsan, M.H., Wakil Ketua DPRD Cilacap Purwati, Setda Drs. Farid Maaruf, M.M., Kepala Dinkes Kab. Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M.Si., Para Asisten Setda Cilacap dan undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Bupati Tatto Suwarto Pamuji menegaskan, kegiatan rakor ini sangat penting dan strategis, karena dapat menjadi media komunikasi antara unsur Pimpinan Daerah dengan para pejabat Daerah, baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Desa/Kelurahan, untuk mengkoordinasikan berbagai hal terkait dengan persiapan Perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 di tengah Pandemi Covid-19.

Di samping itu, rakor ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk mengkoordinasikan berbagai persoalan atau isu-isu penting yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pelayanan maupun pemberdayaan masyarakat. Selain itu, juga dapat menjadi wadah untuk mensinergikan langkah-langkah yang akan ditempuh untuk melaksanakan kebijakan yang telah ditentukan.

"Harapan tersebut akan terwujud jika dalam diri kita tertanam motivasi kerja, dan komitmen untuk selalu melakukan yang terbaik bagi kepentingan rakyat, yang disertai dengan peningkatan disiplin dan profesionalisme untuk mencapai target kinerja yang telah ditetapkan," Tegasnya. 

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan karena hal ini sebagai bentuk komitmen dan disiplin serta profesionalisme dalam melaksanakan tugas mewujudkan cita-cita bersama yaitu Kabupaten Cilacap yang Semakin Sejahtera Secara Merata.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menjelaskan bahwa kasus Covid-19 di Kabupaten Cilacap sudah semakin terkendali, namun demikian menurutnya bukan berarti Covid-19 itu sudah tidak ada, untuk itu pihaknya menghimbau agar untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan naiknya kembali kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Cilacap sehingga penyebaran Covid-19 tetap dapat terkendali.

Selanjutnya, terkait dengan Perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, Bupati juga mengatakan bahwa perayaan tahun ini masih dihadapkan Pandemi Covid-19.

Untuk itu, diharapkan dapat menjaga kondusifitas wilayah sehingga dapat merayakan dan melaksanakan rangkaian ibadah di Hari Natal dengan khidmat dan tentu saja dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

Sekda Drs. Farid Ma'ruf, M.M. dan Kapolres juga memaparkan beberapa kerawanan yang mungkin terjadi menjelang perayaan Natal dan tahun baru. Kapolres AKBP Eko Widiantoro salah satunya memaparkan kerawanan seperti harga pangan, arus mudik dan balik, Bencana Alam dan Non Alam, Sweeping Ormas, Tindak Pidana Terorisme, Penyerangan tempat ibadah (Gereja), Aparat dan Mako Polri, Ancaman Bom di Pusat Keramaian serta kejahatan konvensional yang meresahkan seperti Curat, Curanmor, Curas, Miras dan Perkelahian antar warga.

Antisipasi hal tersebut pihaknya telah menempatkan Pos Terpadu Alun - Alun, Pos Yan Terminal, Pos Pam Mergo, Pos Pam Sampang, Pos Pam Stasiun Ka Kroya, Pos Pam Wisata yakni di THR dan Benteng Pendem. Selain itu juga akan dilakukan penutupan jalur, pengalihan arus, dan akan membentuk Tim Patroli Dan Tim Public Address pada lokasi rawan berkerumun. 

Menegaskan kembali pernyataan Bupati, Dandim 0703/Cilacap Letkol lnf. Andi Afandi, S.l.P mengatakan bahwa rakor ini tentunya sangat penting dan strategis karena dapat menjadi media komunikasi antar unsur pimpinan daerah dengan para pejabat daerah baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Desa dan Kelurahan untuk mengkoordinasikan berbagai hal terkait dengan persiapan perayaan Natal tahun 2021 dan tahun baru 2022 di tengah pandemi Covid-19. 

"Selain itu rapat koordinasi ini juga dapat menjadi wadah untuk mensinergikan langkah-langkah yang akan ditempuh untuk melaksanakan kebijakan yang telah ditentukan, harapan tersebut akan terwujud jika dalam diri kita, tertanam motivasi kerja dan komitmen untuk selalu melakukan yang terbaik bagi kemerdekaan masyarakat, yang disertai dengan peningkatan disiplin dan profesionalisme untuk mencapai target kinerja yang telah ditetapkan," Ucapnya.

Semoga kegiatan ini dapat semakin meningkatkan kebersamaan kita untuk mewujudkan Kabupaten Cilacap yang lebih maju, semakin sejahtera secara merata. Saya minta, kepada saudara-saudara sekalian untuk mengikuti dan memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya guna menunjang kesuksesan dalam pelaksanaan tugas ke depan,' Tegasnya.

Penyampaian lainnya juga datang dari Danlanal Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo tentang kesiapan personilnya mendukung kegiatan untuk melaksanakan pengamanan baik Natal maupun tahun baru 2021 maupun kegiatan yang lain termasuk di dalam melaksanakan kegiatan operasi bantuan operasi Yustisi. Dari Kajari, Tri Ari Mulyanto, SH., MH sendiri, dalam masalah penegakan hukum dan perlunya peningkatan penegakan prokes Covid 19, pihaknya telah menyiapkan jaksa di Pos pos yang sudah disiapkan. Serta dari unsur pimpinanan daerah lainnya.

(Urip)

 

Share this:

Disqus Comments