Masa PPKM Darurat Covid-19 Tak Urungkan Koramil Pekuncen Untuk Donor Darah

Masa PPKM Darurat Covid-19 Tak Urungkan Koramil Pekuncen Untuk Donor Darah

Banyumas – Tujuan dari mendonorkan darah untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Darah yang telah didonorkan bisa diberikan pada orang yang membutuhkan pertolongan selain itu dengan melakukan donor darah, kamu bisa membantu memperlancar aliran darah, sehingga mencegah terjadinya penyumbatan arteri. Ada penelitian yang mengatakan jika rutin mendonorkan darah bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung sampai 88 persen. Serta membuat tubuh kamu jarang terkena sakit dan terhindar dari kanker, stroke, dan serangan jantung. Dengan rutin melakukan donor darah, kamu pun bisa menjaga kadar zat besi dalam darah tetap normal.

 


“Nyong uwis donor, Rika kapan” yang berarti aku sudah donor, kamu kapan demikian ungkapan dari masyarakat kecamatan Pekuncen dalam bahasa khas ngapaknya setelah melaksanakan donor darah di SDN 2 Pekuncen RT 01 RW 08 Grumbul Kalimanggis Desa Pekuncen Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Minggu 04/07/2021.

 

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol melalui Danramil 15/Pekuncen Kapten Inf Subandi menyampaikan hari ini kita melakukan donor darah dalam rangka bakti sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dengan bekerja sama PMI kabupaten Banyumas, sekaligus sebagai edukasi terhadap masyarakat tentang aturan PPKM darurat  Covid-19.  

 

Sebelum melakukan donor darah, pastikan kondisi tubuh sedang sehat dan bugar. Untuk menjaga kualitas darah sebelum melakukan donor darah, hindari konsumsi makanan berlemak dan usahakan untuk mencukupi asupan protein, vitamin C, dan zat besi. Tambahnya.

 


Semoga darah yang kita sumbangkan ini bisa menyelamatkan hidup orang lain, berdasarkan data yang ada, setiap harinya PMI Kabupaten Banyumas membutuhkan darah rata-rata sebanyak 182 kantong untuk memenuhi kebutuhan darah pasien di rumah sakit. Terangnya.

 

Danramil meminta agar tetap semangat dalam melakukan kegiatan sosial. Pihaknya juga mengingatkan agar tetap menjalankan protokol kesehatan dimasa PPKM darurat Covid-19 saat ini. Serta mengedepankan pola hidup bersih dan sehat.

 

Meski tak sepenuhnya bisa memenuhi kebutuhan darah untuk wilayah Banyumas namun dirinya meyakini jika bantuan yang diberikan mampu menyelamatkan nyawa orang yang sedang membutuhkan. Pungkasnya. (AuL).

Share this:

Disqus Comments