Siapkan Pertahanan Diri, Kodim Banyumas Latihan Beladiri Taktis

Siapkan Pertahanan Diri, Kodim Banyumas Latihan Beladiri Taktis

Banyumas – Beladiri adalah olahraga yang memadukan aktivitas fisik dan seni, teknik untuk membela atau melindungi diri, dan olah batin. Olahraga beladiri ternyata tak hanya menyehatkan tubuh tapi juga bisa menjaga kondisi psikis seseorang dalam keadaan stabil. Menguasai olahraga bela diri membuat kita siap dengan jurus pembelaan diri, siap secara fisik dan mental. 


Guna mempersiapkan pertahanan diri dan untuk membina fisik anggota, Kodim 0701/Banyumas melaksanakan latihan beladiri taktis setelah melaksanakan apel pagi yang dipandu oleh Kapten Inf Nurkolis, Pasiops Kodim  yang dilaksanakan dilapangan apel Kodim 0701/Banyumas serta diikuti Prajurit Kodim beserta jajaran Koramil yang akan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut. Rabu 24/04/2024.

Pada kesempatan itu Pasiops menyampaikan bahwa manfaat bela diri taktis yaitu menjaga keselamatan diri, menjaga kesehatan fisik serta sebagai pertahanan diri, karena kita tidak tau dalam bertugas bisa saja ancaman datang tidak terduga.

Selain membutuhkan tenaga yang kuat, bela diri juga menuntut orang untuk bisa lebih fokus, konsentrasi, dan memiliki gerakan respon yang cepat. Nanti ada pelatihan yang disebut dengan attention state training yang berfungsi menajamkan konsentrasi sehingga bisa lebih fokus. Otomatis respon dan koordinasi antara otak dengan gerakan tubuh bisa lebih maksimal.

Berbagai studi menunjukkan bahwa olahraga beladiri dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, terdapat sejumlah kriteria olahraga yang baik dilakukan untuk menjaga atau bahkan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Frekuensi, durasi, konsistensi, dan jenis olahraga memainkan peranan penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Terangnya.

Untuk itu guna menjaga kebugaran fisik dan untuk kesiapsiagaan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Prajurit Kodim 0701/Banyumas beserta jajarannya secara rutin melaksanakan olahraga yang dilaksanakan setelah melaksanakan apel pagi, baik olahraga ditempat yang berupa Bela Diri Militer taktis, senam maupun olahraga diluar seperti jalan sehat dan jogging. Pungkasnya. (Str).

Share this:

Disqus Comments