Jajaran Kodim 0701/Banyumas Ikuti Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI Secara Virtual

Jajaran Kodim 0701/Banyumas Ikuti Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI Secara Virtual

Banyumas – Kodim 0701/Banyumas bersama jajarannya ikuti upacara peringatan hari ulang tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia secara virtual yang dilaksanakan secara langsung di Istana Negara Jakarta dengan Irup Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo. Selasa 05/10/2021.

 


Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf. Candra SE.,M.I.Pol mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-76 Tentara Nasional Indonesia secara virtual yang dipimpin oleh Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., di  depan Makorem 071/Wijayakusuma, Jl. Gatot Subroto Desa Sokaraja Kidul, kecamatan Sokaraja kabupaten Banyumas.

 

Dikatakan Presiden Republik Indonesia dalam amanatnya, atas nama rakyat Bangsa dan negara saya menyampaikan selamat hari ulang tahun ke 76 tentara Nasional Indonesia bangsa dan negara juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa menjaga keutuhan wilayah negara kesatuan republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945 serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan.

 

Para prajurit TNI yang saya banggakan, sampai dengan hari ini kita masih berada dalam bayang-bayang Covid-19, saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran mental dan semangat juang yang membutuhkan kewaspadaan kecepatan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Keberhasilan kita dalam menangani pandemi covid 19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI yang selalu profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk alutsista telah digunakan dan digerakkan dalam melaksanakan setiap tugas yang diberikan, alutsista saya minta selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas seperti pelanggaran kedaulatan,pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme terorisme,ancaman siber dan ancaman biologi, termasuk juga ancaman bencana alam.

 

Penguatan budaya strategis prajurit  yang harus tetap menjadi fondasi utama transformasi pertahanan yaitu TNI yang manunggal dengan rakyat dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang aktif dengan pertahanan berlapis dan memanfaatkan lompatan teknologi militer dan pertahanan yang terencana modernisasi juga harus disertai dengan terobosan pengelolaan ekonomi dan investasi pertahanan kembali kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berpikir jangka panjang secara konsisten dan berkelanjutan.


Sekali lagi selamat hari ulang tahun ke-76 tentara Nasional Indonesia selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu bersama kita dirgahayu Tentara Nasional Indonesia bersatu, berjuang, kita pasti menang terima kasih.

 


Terkait dengan pelaksanaan kegiatan, Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E.,M.I.Pol.,  mengatakan, upacara peringatan HUT ke-76 TNI tahun ini, masih dilaksanakan secara virtual diseluruh jajaran TNI termasuk dijajaran Kodim 0701/Banyumas, di Makodim juga melaksanakan upacara virtual yang di pimpin oleh Kasdim 0701/Banyumas Mayor Inf Nurrohmat S.Ag., serta di jajaran Koramil juga dilaksanakan yang dipimpin oleh para Danramil masing-masing dikarenakan masih adanya pandemi Covid-19", terangnya.

 

Dikatakannya, hal tersebut dilaksanakan sebagai upaya pencegahan berkembangnya Covid-19 di kalangan prajurit, selain itu untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan, dengan tidak menyelenggarakan kegiatan secara berkelompok. Meskipun dilaksanakan secara virtual, namun hal tersebut tidak mengurangi makna dari peringatannya itu sendiri.

 

Dandim berharap di Hari Jadi TNI tahun 2021 ini, TNI harus semakin solid dan profesional dalam melanjutkan pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Disamping itu, sesuai dengan tema yang diambil dalam peringatan HUT Ke-76 TNI ini, BERSATU BERJUANG KITA PASTI MENANG yang bermakna kita TNI harus saling bekerja sama dengan Polri, Pemerintah Daerah dan segenap komponen bangsa lainnya untuk saling membantu rakyat agar kita menang dalam menghadapi segala tantangan yang melanda bangsa ini.  Jelas Dandim. (AuL).

Share this:

Disqus Comments