Koramil 15/Pekuncen Melaksanakan Pendampingan Posbindu Dan Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

Koramil 15/Pekuncen Melaksanakan Pendampingan Posbindu Dan Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

Banyumas – Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor resiko PTM utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyakit yang sering tidak terdeteksi karena tidak ada gejala maupun keluhan, seperti hipertensi, diabetes, atau gangguan jiwa dan bisa juga terkena Covid-19.

 


Sebagai salah satu resiko tertinggi pada Covid-19, Lansia harus mendukung penuh program vaksinasi pemerintah. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kelompok masyarakat yang kebal dari berbagai penyakit menular, termasuk Covid-19.

 

Hal itu disampaikan Babinsa Koramil 15/Pekuncen (senin 14/06/2021) saat melaksanakan pendampingan Posbindu yang dilaksanakan di desa-desa yang sekaligus ikut mensosialisasikan vaksinasi covid-19 kepada lansia, karena lansia memang memiliki risiko kematian akibat Covid-19 tertinggi dengan rasio fatalitas kasus sebesar empat kali lipat lebih tinggi.

 

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E., M.I.Pol., melalui Danramil 15/Pekuncen Kapten Inf Subandi menyampaikan bahwa Babinsanya melaksanakan pendampingan Posbindu dan sekaligus melaksanakan sosialisasi vaksinasi Covid-19 bagi lansia agar lansia mau di vaksin untuk mencegah penularan Covid-19.

 


Lebih lanjut disampaikan semoga kehadiran vaksinasi Covid-19 bagi lansia memberikan harapan baru dalam mengendalikan pandemi di Indonesia. Masih adanya lansia yang takut divaksin karena adanya informasi yang tidak jelas sumbernya jadi kita sebagai satuan kewilayahan sudah berkewajiban untuk mensosialisasikan bahwa vaksin itu aman dan halal. Namun semua harus melakukan pengecekan dan skrining jadi sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan oleh puskesmas. tambahnya.

 

Danramil juga menegaskan bahwa penerapan disiplin protokol kesehatan menjadi kunci dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta harus menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari sampai pandemi ini dapat diatasi dan berakhir, jadi setelah di vaksin jangan sampai disiplin menurun. (AuL).

Share this:

Disqus Comments