Sukses Koramil 17/Lebakbarang Pekalongan Budidaya Tanaman Hidroponik

Sukses Koramil 17/Lebakbarang Pekalongan Budidaya Tanaman Hidroponik


Pekalongan – Dengan memanfaatkan pekarangan yang tergolong sempit, Koramil 17/Lebakbarang Kodim 0710/Pekalongan sukses budidaya tanaman sayuran dengan cara hidroponik.

Tidak hanya sekedar menjadi penghias pekarangan saja, kini hasil dari tanaman sayuran tersebut sudah banyak diminati masyarakat sekitar dan bahkan sebagian juga sudah dijual kepada warga yang membutuhkan.

Danramil 17/Lebakbarang melalui Bati Tuud Koramil Pelda Samiran selaku penggagas dan perawat tanaman tersebut menjelaskan, sudah satu tahun lebih budidaya tanaman sayuran tersebut.

Menurutnya, awalnya hanya coba-coba dan untuk memperindah makoramil saja, akan tetapi seiring berjalanya waktu, budidaya tanaman sayuran yang digelutinya berhasil tumbuh subur dan banyak diminati warga sekitar.

“ Awalnya hanya mencoba saja, akan tetapi semakin lama semakin berhasil dan tanaman hidroponik yang ada di Koramil ini sudah menjadi rujukan dan tempat edukasi bagi anak-anak sekolah dan ibu-ibu PKK di wilayah Kecamatan Lebakbarang khususnya”,ungkap Pelda Samiran. Minggu(02/01/22).

Bahkan menurut Pelda Samiran, berkat keberhasilan Koramil dalam budidaya tanaman hidroponik tersebut, dirinya sering diundang Kepala Desa untuk memberikan pelatihan kepada ibu-ibu PKK di berbagai Desa terutama diwilayah Kecamatan Lebakbarang.

“ sudah banyak permintaan terutama dari Ibu-ibu Pkk untuk diberikan pelatihan budidaya tamanan hidroponik ini, saya bersama Babinsa lainya berusaha semaksimal mungkin menularkan ilmu yang kita punya sekaligus melaksanakan komsos”,imbuhnya.

Saat ini, Koramil 17/Lebakbarang sudah mempunyai 4 lahan hidroponik yang berada di lingkungan Makoramil dengan berbagai macam tanaman seperti, selada, sawi, kangkung, tomat dan beberapa tamanan sayuran lainya termasuk buah Strawberry juga ada.

Sedangkan untuk pemasaran dikelola istri dari Pelda Samiran yaitu Ny. Tri Wiarsih Samiran. Menurutnya, saat ini sudah banyak teman-temanya baik dari dalam maupun luar wilayah kecamatan lebakbarang yang membeli sayuran hidroponik yang dikelola Koramil.


“ Ada temen-temen dari Kecamatan Karanganyar, Kajen, Kedungwuni dan Pekalongan yang jauh-jauh datang kesini untuk sekedar membeli sayuran, tentunya kedepan sayuran hidroponik ini akan selalu diminati masyarakat”,tandanya.(Rus)

Share this:

Disqus Comments