Polres Batang Bentuk Pokdarkamtibmas Wujudkan Kondusivitas Wilayah

Polres Batang Bentuk Pokdarkamtibmas Wujudkan Kondusivitas Wilayah

 

Batang-Satbinmas Polres Batang membentuk Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdarkamtibmas) di tingkat Kabupaten Batang sehingga terjalin sinergi dan komunikasi yang baik, untuk menekan tingkat kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan masyarakat desa.

Kaurbinops (KBO) Satbinmas Polres Batang, Ipda Ali Sadikin menyampaikan, apabila di suatu wilayah terjadi peristiwa, ketua Pokdarkamtibmas dapat mengkomunikasikan dengan jajarannya atau dengan pihak kecamatan, yang langsung dihubungkan aparat kepolisian.

“Peran Pokdarkamtibmas di tiap wilayah, untuk membantu tugas kepolisian menciptakan Kamtibmas di lingkungan setempat,” ungkapnya, saat ditemui usai membentuk kepengurusan Pokdarkamtibmas Tingkat Kabupaten, di Balai Desa Terban, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Kamis (18/11/2021).

Peristiwa-peristiwa yang dapat ditangani, antara lain kejadian kecelakaan maupun pencurian yang rawan terjadi di lingkungannya.

“Mereka bisa mengambil langkah dengan menghubungi pihak yang berwajib,” ujarnya.

Ia menerangkan, anggota diambil dari berbagai kalangan baik aparat desa maupun sipil.

“Kami membentuk Pokdarkamtibmas untuk membantu tugas di desa binaan, karena jumlah personel Bhabinkamtibmas yang terbatas, sehingga dibentuklah kepengurusan dari tingkat kecamatan hingga kabupaten,” bebernya.

Ia mengimbau, ketua Pokdarkamtibmas berkoodinasi melihat kerawanan yang mungkin terjadi.

“Antisipasinya beragam seperti bencana alam saat musim penghujan, gangguan pidana dan kejadian-kejadian yang mengarah pada kriminalitas, dengan melakukan pembinaan di kalangan warga,” bebernya.

Ia mengharapkan, kiprahnya makin ditingkatkan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.

“Itu semua bisa menanamkan kepercayaan semua pihak terhadap keberadaan Pokdarkamtibmas di Kabupaten Batang,” tegasnya.

Share this:

Disqus Comments