Peringati Hari PU Dan Korpri Lakukan Aksi Bersih Sungai Kranji

Peringati Hari PU Dan Korpri Lakukan Aksi Bersih Sungai Kranji

Banyumas - Untuk mewujudkan kelestarian lingkungan serta untuk menjaga kesehatan di lingkungan masyarakat dimasa pandemi Covid-19, Koramil 01/Purwokerto Utara bersama Polsek Purwokerto Timur bekerjasama dengan  Pengelola Balai SDA Serayu, pemerintahan kecamatan Purwokerto Timur, kelurahan Kranji serta LSM peduli lingkungan melaksanakan karya bakti dalam rangka Pembersihan sungai Kali Kranji kelurahan Kranji Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas, Sabtu (27/11/2021).

 


Danramil 01/Purwokerto Utara Kapten Arm Sugeng Supriyadi, mengatakan Karya Bhakti ini dilakukan untuk membantu mensejahterakan masyarakat melalui fasilitas kebersihan umum masyarakat serta mewujudkan sasaran pembinaan teritorial. Kegiatan kerja bakti secara gotong royong membersihkan lingkungan ini diadakan setiap saat terutama apabila habis hujan deras.

 

Lanjut Danramil, dalam kegiatan Karya Bhakti ini dilaksanakan dengan semangat silaturahmi, kebersamaan dan kegotong royongan yang akan memberikan manfaat untuk mengatasi permasalahan yang kita hadapi.

 

Aksi bersih-bersih sungai Kranji ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bhakti PU Ke - 76 dan HUT Korpri Ke - 50, semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan, sehingga banyak masalah yang dapat diungkapkan, serta pekerjaan berat akan terasa ringan,” paparnya.

 

“Tujuan lain diantaranya untuk menjaga kelestarian sungai dan ekosistem, meningkatkan kemanunggalan TNI - Rakyat, meningkatkan kerjasama dan melestarikan budaya gotong royong dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, meningkatkan taraf hidup masyarakat, serta mencegah terjadinya bencana banjir pada musim penghujan saat ini,” ujarnya.

 


“Sebagai aparat pemerintah maka sudah menjadi kewajiban kita untuk memberikan contoh kepada masyarakat dengan melakukan hal yang positif terutama dengan cara menerapkan kebersihan lingkungan,” apa yang dilakukan ini tentu akan dilihat oleh masyarakyat lainnya. Ia yakin kegiatan bersih-bersih ini dapat memotivasi masyarakat untuk ikut menirunya bahkan melakukannya secara rutin, Tambahnya.

 

Kegiatan karya bhakti ini melibatkan TNI, Polri serta stakeholder lainnya dan masyarakat yang melaksanakan pembersihan sepanjang sungai  Kali Kranji dengan membersihkan sampah dan tanah yang terbawa arus saat hujan deras dan pepohonan yang melintang. Serta memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai. (AuL).

Share this:

Disqus Comments