Pahlawan Inspirasiku, Semoga Anak Cucu Pejuang Menjadi Pahlawan Di Masa Depan Sesuai Bidangnya

Pahlawan Inspirasiku, Semoga Anak Cucu Pejuang Menjadi Pahlawan Di Masa Depan Sesuai Bidangnya

 

Batang - Bupati Batang Wihaji bersama Forkopimda Kabupaten Batang melakukan ziarah ke makam pahlawan Kadilangu Kabupaten Batang dalam rangka memperingati hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2021.

Upacara ziarah rombongan di laksanakan dengan hikmat, bertindak selaku Inspektur upacara Komandan Kodim0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra. Setelah pelaksanaan upacqra di lanjutkan dengan tabur bunga di pusara para pejuang. 

“Saya selaku unsur Forkopimda mengucapkan selamat hari pahlawan sesuai dari pesan ibu Kementerian Sosial RI menjadikan pahlawan inspirasiku dan pesan selanjutnya jamannya sudah beda karena musuh kita hari ini kemiskinan dan kebodohan,” kata Bupati Batang Wihaji saat ditemui usai ziarah di Taman Makam Pahlawan Kadilangu, Kabupaten Batang, Rabu (10/11/2021).

Semoga dengan inspirasi beliau pada jamannya dulu perang melawan penjajah sekarang menjadikan inspirasi kita berjuang untuk melawan kemiskinan dan kebodohan tugas semuanya.

“Pemerintah Kabupaten Batang menangani kemiskinan ada tahap-tahapnya, karena itu universal tetapi yang terpenting bagaimana ukuran angka kemiskinan. Kalau bisa angkanya turun dan semakin turun yang merupakan indikator kemiskinan di Indonesia,” jelasnya.

Memang kondisi pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia jadi masih fultuatif atau naik turun. Harapannya setelah COVID-19 kita semua berjuang untuk menurunkan angka kemiskinan khususnya di Kabupaten Batang.

Saya juga terima kasih pada Hari Pahlawan ini ada keluarga dari pahlawan yang datang. Padahal anak-anaknya beliau tadi dari berbagai macam daerah kumpul menjadi satu di Kabupaten Batang ingin menengok ayahandanya yang merupakan pahlawan.

“Hal ini juga merupakan inspirasi untuk anak dan cucunya yang mengetahui sejarah simbahnya yang ternyata seorang pejuang untuk bangsa Indonesia dan semoga anak dan cucunya menjadi pahlawan juga di masa mendatang sesuai bidangnya,” tegasnya.

Sementara Endang Sri Resmiati anak ke-3 dari pahlawan CPM AD pasukan peta, Barisan Keamanan Rakyat (BKR) Sastro Harinto bin kartojowongsorejo dari Blitar mengatakan, ia dari keluarga Sastro Harinto bin Kartojowongsorejo yang di makamkan di Taman Makam Pahlawan Kadilangu Kabupaten Batang ini.

“Ayah saya ini dulunya anggota TNI CPM AD yang tugasnya keliling daerah sampai putranya sembilan, itu kelahirannya berbeda-beda semua hanya waktu di Irian Jaya saja ibu tidak ikut. Beliau meninggal pada tahun 1993,” ungkapnya. 

Keluarga, lanjut dia, berziarah ke sini sudah kami rencanakan karena mengingat anak-anaknya sudah berumur 70 tahun semua jika tidak sekarang kapan lagi dan terakhir ke sini pada tahun 2011 sepuluh tahun yang lalu.

“Momen ini sangat penting sekali untuk memberikan anak dan cucu-cucu kami pengetahuan informasi sejarah tentang simbahnya yang menjadi pahlawan pada jaman dulu. Foto-foto kenangan juga masih tersimpan di rumah,” ujar dia.

Diharapkan, pada Peringatan Hari Pahlawan ini menjadi momentum anak dan cucu-cucu kami mengetahui sejarah perjuangan simbahnya untuk memperjuangkan bangsa Indonesia, nantinya anak dan cucu-cucu kami cinta dengan Indonesia.

Share this:

Disqus Comments