Koramil 15/Pekuncen Laksanakan Pendampingan Imunisasi Campak Untuk Sekolah Dasar

Koramil 15/Pekuncen Laksanakan Pendampingan Imunisasi Campak Untuk Sekolah Dasar

Banyumas – Vaksin atau imunisasi campak adalah vaksin yang digunakan untuk mencegah penyakit campak. Vaksin campak termasuk dalam program imunisasi rutin lengkap yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

 


Terdapat dua jenis vaksin yang digunakan untuk mencegah campak, yaitu vaksin MR dan vaksin MMR. Vaksin MR mencegah penyakit campak dan rubella, sedangkan vaksin MMR mencegah penyakit campak, rubella, dan gondongan..

 

Menyikapi hal tersebut Koramil 15/Pekuncen melaksanakan pendampingan petugas kesehatan dari Puskesmas II Pekuncen yang melaksanakan penyuntikan imunisasi campak kepada 177 siswa dan siswi Sekolah Dasar di wilayah kecamatan Pekuncen. Yang diselenggarakan di sekolahannya masing-masing.  Kamis 11/11/2021.

 

Sementara itu Edi Hartono SKM., M.M., Kepala Puskesmas II Pekuncen menyampaikan bahwa Vaksin campak adalah salah satu vaksin yang wajib diberikan kepada anak. Berdasarkan jadwal imunisasi yang dikeluarkan oleh IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), vaksin campak diberikan sebanyak 3 kali. Ada dua jenis vaksin campak yang tersedia, yaitu MR (measles, rubella) dan MMR (measles, mumps, dan rubella).

 

Dokter juga menegaskan hari ini kita memberikan imunisasi campak kepada 177 siswa dan siswi SD di wilayah kecamatan Pekuncen guna mencegah penyakit campak, rubella, dan gondongan. Pada anak-anak, vaksin campak disuntikkan di otot deltoid yang terletak di lengan atas. Sementara itu, pada orang dewasa yang sebelumnya belum pernah menerima vaksin campak, vaksin dapat disuntikkan melalui otot atau di bawah kulit.

 

Kami ucapkan terima kasih kepada aparat keamanan dalam hal ini dari Koramil 15/Pekuncen dan Polsek Pekuncen yang telah mengawal jalannya imunisasi campak ini sehingga pelaksanaan berjalan dengan lancar serta tetap berpedoman protokol kesehatan. Pungkasnya. (AuL).


Share this:

Disqus Comments