Kodim dan Pemkot Pekalongan Genjot Vaksinasi Lansia

Kodim dan Pemkot Pekalongan Genjot Vaksinasi Lansia

 


Kota Pekalongan - Kodim 0710/Pekalongan bersama Pemkot Pekalongan terus menggenjot target vaksinasi Covid-19,salah satunya yang menyasar kalangan lanjut usia (lansia) yang cakupannya masih rendah. 

Untuk itu, kecepatan vaksinasi kepada  salah satu kalangan rentan terpapar tersebut harus terus dipacu, sehingga penyebaran Covid-19 bisa segera teratasi secara signifikan dan status PPKM Kota Pekalongan, Jawa Tengah bisa kembali turun ke Level 2.

Jajaran TNI Kodim 0710/Pekalongan bekerjasama dengan tim vaksinator dari Dinas Kesehatan Kota Pekalongan kembali berupaya menggaspol cakupan vaksinasi lansia agar memenuhi target. Kali ini, penyelenggaraan vaksinasi lansia digelar bersamaan dengan kegiatan Program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) yang digelar di Ruang Serbaguna Makodim 0710/Pekalongan,Selasa(12/10/2021).

Dandim 0710/Pekalongan melalui Kasdim 0710/Pekalongan, Letkol Inf Raji mengungkapkan bahwa untuk mencapai cakupan vaksinasi lansia, di wilayah Kota Pekalongan terbilang cukup kesulitan, sehingga dari jajaran Kodim 0710/Pekalongan berupaya untuk mendorong para lansia untuk tidak takut divaksin. Menurutnya, dengan adanya penyaluran program BTPKLW ini, penerima bantuan dengan kategori lansia dan belum pernah divaksin bisa ikut sekalian mendapatkan vaksinasi gratis agar tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Saya mewakili Dandim 0710/Pekalongan,kaitannya dengan percepatan vaksinasi, untuk mencapai target vaksinasi lansia di Kota Pekalongan ini agak kesulitan. Sehingga, bersamaan dengan adanya penyaluran program BTPKLW pada hari ini,dimana banyak lansia yang hadir di tempat ini,kami sempatkan untuk mengikuti vaksinasi lansia bagi yang belum pernah menerima suntikan vaksin. Memang kami prioritaskan untuk kalangan lansia terlebih dahulu,namun tidak menutup kemungkinan masyarakat umum juga bisa terlayani mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19,” tegas Kasdim Raji.

Dituturkan Kasdim Raji, pelaksanaan vaksinasi ini dilayani selama 5 hari ke depan bagi masyarakat Kota Pekalongan. Lebih lanjut, pihaknya meyakinkan bahwa vaksinasi ini sudah terbukti aman dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga seseorang yang sudah divaksin akan lebih tangguh dalam pencegahan maupun saat terpapar virus Covid-19.

“Kami sampaikan bahwa untuk kegiatan vaksinasi ini sangat bermanfaat untuk membentuk kekebalan tubuh dalam menghadapi virus Covid-19 ,sehingga mereka yang sudah divaksin ini akan lebih tangguh dan kuat. Harapan kami dengan adanya penggaspolan vaksinasi khususnya bagi kalangan lansia ini,target perolehan vaksinasi di Kota Pekalongan bisa segera tercapai,masyarakat akan semakin kebal dalam menghadapi virus Covid-19 sehingga status PPKM Kota Pekalongan bisa kembali turun ke Level 2 bahkan bisa Level 1,”pungkasnya.

Salah satu lansia bernama Aslori (70 tahun),warga Kelurahan Kuripan Yosorejo,Kecamatan Pekalongan Selatan mengaku ini pertama kalinya dirinya menerima suntikan vaksinasi Covid-19. Aslori mengaku dirinya sengaja datang ke Makodim 0710/Pekalongan selain menerima bantuan tunai sekaligus dirinya merasa mantap ingin mengikuti vaksinasi lansia. 

“Alhamdulillah setelah divaksin rasanya biasa saja dan tidak ada keluhan apa-apa, aman semuanya. Harapan Saya semoga setelah divaksin ini bisa sehat selalu dan bagi masyarakat maupun lansia seperti Say, Ayo jangan ragu dan bisa ramai-ramai ikut program vaksinasi, karena vaksin ini halal dan aman untuk kekebalan tubuh kita dalam menghadapi virus Covid-19,”pungkasnya. (Rus)

Share this:

Disqus Comments